Menjadi PNS Menjajikan Masa Depan?

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang berangan-angan menjadi PNS. Tidak jarang hal tersebut menjadi tujuan utama para pencari kerja yang katanya menjanjikan masa depan yang cerah.

Setiap lowongan PNS (CPNS) dibuka, para pelamar pun selalu membeludak. Kapasitas yang tersedia hanya untuk ratusan orang namun peminatnya mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu! Sangat menyedihkan, para pemuda sekarang berbondong-bondong memperebutkan pekerjaan ini. Ketika ditanya kenapa anda ingin menjadi PNS?? “Karena pendapatannya jelas dan kerjanya tidak berat.” dengan kata lain “ingin dapat uang banyak tanpa susah-payah”.

Saat ini Menjadi PNS, memang lebih menjanjikan masa depan. Apalagi paradigmanya di tingkat aplikasi mulai bergeser, tapi efek negatif yang muncul dari hal ini adalah kemerosotan etos kerja dan kemandulan terhadap kreatifias masyarakat Indonesia dalam berfikir dan berusaha. Kalangan muda pasti marah bila dikatakan etos kerjanya rendah, walau pada kenyataannya adalah benar. Bermimpi menjadi PNS bisa jadi sebanding dengan ingin bekerja dan menghasilkan tapi tidak bekerja terlalu keras. Bekerja bisa sambil bermain-main dan santai dengan fasilitas sangat mencukupi.

Satu hal yang sangat fatal adalah kegagalan pemerintah menciptakan peluang kerja bagi masyarakat. Pemerintah terkesan lebih suka memberi ikan daripada pancing, seperti yang dilakukan dengan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT). Akibatnya masyarakat jadi pasif. Padahal itu pun belum cukup untuk kebutuhan rumah tangga dengan keadaan harga seperti sekarang ini.

Peminat CPNS ini juga tidak hanya dari kalangan orang yang tidak meiliki pekerjaan, namun juga dari orang-orang yang telah mempunyai pekerjaan di swasta. Menjadi CPNS menjadi sebuah keharusan dan mereka ikut-ikutan melamar, dengan alasan “di tempatnya kerja yang sekarang (perusahaan swasta) belum tentu menjajikan sesuatu untuk masa depan sedangkan menjadi pegawai negri sipil itu biarpun sudah pensiun tetap mendapatkan gaji walaupun gaji yang diterima tidak penuh lagi.

Hal ini sangat kontras bila dibandingkan dengan keadaan pasar dan bisnis di Indonesia yang selalu di dominasi kalangan luar. Disebut mendominasi disini bukan berarti “banyak”, manum justru karena mereka itu minoritas tapi selalu punya “basis” dalam sendi bisnis. Ketika kita melihat di sebuah pasar misalnya kenapa kebanyakan yang menguasai perdagangan dan bisnis adalah orang cina? Mereka lebih survive dalam menjalani hidup dan mandiri. Bahkan mereka sanggup menghidupi beberapa orang yang bekerja di tempatnya, dan orang yang bekerja tersebut mungkin mempunyai keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Maka orang cina itu telah menghidupi beberapa keluarga dari usahanya.

Pantas saja Rosulullah menyuruh kita “menuntut ilmu sampai ke negeri Cina”, yang mungkin pada saat itu Cina sudah terkenal dalam hal perdagangan. Ternyata kita harus banyak mengambil pelajaran dan mencontoh kepada mereka yang selalu dominan dalam bisnis dan perdagangan.

2 thoughts on “Menjadi PNS Menjajikan Masa Depan?

  1. menjadi PNS emang jadi idola masyarkat indonesia,KORPRI,menjadi pekerja yg digaji langsung oleh negara plus tunjangan hari tua utk kita istri n jg anak kita.

  2. CPNS untuk sebaginan orang adalah pekerjaan idaman, sehingga mereka akan rela menunggu tahun berikutnya jika memang tidak diterima tahun ini. Semoga saja pemerintah juga melakukan rekrutment CPNS ini dengan Fair tanpa kecurangan yang tidak diinginkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s