Browsing Cepat Dengan Opera Turbo (Testing)

Aku ngerasa kondisi internet di warnetku sekarang ini terasa agak lambat, sangat terasa ketika membuka web dengan konten penuh slide dan foto delay lama banget. Berbeda dengan kondisi sebelumnya yang cepat. Iseng jalan2 sama mbah google eh.. nemu info bagus. Apalagi buat para netter yang suka surfing di warnet dengan kondisi warnet lagi penuh, pasti laju perjalanan anda di dunia maya akan sedikit lambat kan?:D ya… paling tidak akan terasa bosen karena nunggu loading alias lola pas buka halaman FS yang penuh konten gambar dan slide:P. Mengingat dengan kondisi sekarang perkembangan internet di Indonesia yang semakin pesat dan penggunanyapun selalu meningkat dengan peningkatan yang besar setiap tahunnya alhasil seperti yang para netter rasakan (mungkin) tiap berkunjung ke warnet selalu dalam kondisi penuh.

Ini mungkin bisa menjadi solusi, Opera Software telah mengumumkan Opera Turbo, walau masih dalam masa uji coba. Opera Turbo versi Testing ini di umumkan pada tanggal 13 Maret kemarin oleh Roberto Mateu di Opera Labs. Dengan Opera Turbo ini para netter bisa menejelajah internet dengan lebih cepat dan menghemat pemakaian bandwidth hingga 80%. Tidak hanya itu, Opera Turbo juga menggunakan sistem “kompresi” agar mencapai kecepatan yang lebih baik. Sistem ini hampir sama dengan sistem yang digunakan di Opera Mini pada ponsel, namun seperti diungkapkan Roberto Mateu dari Opera Labs, ternyata teknologi yang digunakan dalam Opera Turbo berbeda.

Roberto Mateu mengatakan bahwa Opera  Turbo menggunakan teknologi bernama ‘Opera Web Optimization Proxy’ yang berbeda dengan ‘Opera Binary Markup Language’ pada Opera Mini. Layout situs dan teks akan terlihat sama, namun resolusi gambar mungkin terlihat rendah akibat kompresi. Dalam rangka mempercepat akses web, Opera Turbo juga tidak otomatis mengunduh konten plugin tertentu. Ajax dan Flash tetap didukung oleh Opera Turbo, namun konten plugin tertentu menurut Mateu akan terbuka setelah kotak kosong yang tampil di-klik oleh pengguna.

Katanya perbedaan kecepatan pada Opera Turbo ini tidak akan terlihat pada berbagai koneksi biasa, Namun perbedaan mencolok akan terlihat saat digunakan pada lingkungan dengan bandwidth rendah, dan yang perlu netter ketahui bahwa aku udah mencoba Opera Turbo ini, dan ternyata memang terasa perbedaannya.. wuusshhhh!! cepat banget untuk ukuran warnetku yang agak lambat akhir2 ini:) (soalnya aku bnr2 bandingin dengan buka mozilla juga..hehehe).

Dan yang paling penting nih buat para surfer di rumahan, katanya Opera Turbo juga bisa menghemat biaya akses internet yang dihitung berdasarkan per kilobyte.

Para pembaca bisa mendownload Opera Turbo disini. Atau jika pembaca mau ke TKP untuk baca2 dulu tentang Opera Turbo klik disini. Semoga info ini berguna bagi teman2 netter.

Selamat mencoba!

2 thoughts on “Browsing Cepat Dengan Opera Turbo (Testing)

  1. wuah,,,iseng2 bermanfaat ya ini!:)
    Dicoba dulu ya,,
    Ntar kalo behasil daku promosikan jg di blog-Q
    Makasih lho sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s