Penomena Facebook dan Friendster

Fenomena Facebok memang luar biasa, Alexa.com mencatat Facebook pada posisi teratas ke-4 (walaupun di screenshot-nya ke-5 sebenarnya di list Top Sites Facebook menempati rank ke-4)  di dunia setelah google, yahoo dan youtube. Berbeda dengan Friendster yang mengalami penurunan drastis. Bahkan MySpace yang lebih dulu tenar daripada facebook pun kini telah berada dibawahnya yaitu di peringkat ke-9.
Seperti bisa kita lihat dalam screenshot yang baru saja aku ambil dari Alexa.com hari ini tanggal 12 April 2009 (gak tau deh besok2..:P), Facebook menunjukan kenaikan dan stabil, sedangkan Friendster anjlok dengan penurunan yang segnifikan😀.
Facebook

Friendster

Pada dasarnya kedua situs ini sama aja, yaitu situs jaringan sosial atau istilah kerennya social network. Dan hal tersebut merupakan refleksi dari sifat manusia sebagai makhluk sosial dimana manusia saling membutuhkan satu sama lain untuk hidup. Ketergantungan ini yang menyebabkan manusia selalu berhubungan satu dengan yang lainnya.

Itu dari segi fungsi, namun dari segi lain ternyata bayak juga perbedaanya,  salah satunya seperti pada karakteristik Facebook yang lebih bersifat elegan sedangkan friendster expresif (itu menurutku lho :P). Tapi tetap keduanya mempunya keunggulan dan kelebihan masing2 disamping juga terdapat kekurangan… nah mari kita bahas bersama.

Keunggulan Facebook

1. Keamanan

Keamanan profile dari orang yang belum kita kenal, menentukan siapa saja yang bisa melihat foto di profile kita, menjadi kelebihan tersendiri terhadap kejahatan orang2 yang tidak bertanggung jawab😀.

2. Fitur lebih mudah dan lengkap

Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh FB dan tidak dimiliki oleh FS, diantaranya, chating, dan SMS gratis (walau dibatasi), selain itu, untuk menambah teman di FB lebih simpel, kita tidak harus mengetahui E-mail atau nama belakang teman yang ingin ditambah.

3. Jaringan Group dan Forum yang Aktif

Inilah sumber informasi dimana share dan diskusi selalu aktif di facebook, maka tidak heran hal-hal sensasional yang bermula dari forum atau grup di fecbook selalu menjadi sorotan dan menjadi wacana hangat. Seperti contohnya pernah ada sebuah partai politik melaporkan sebuah grup di Facebook karena menjelekan dan membuat sakit hati ketua umum partainya tsb😀.

Keunggulan Friendster

1. Expresif

Di FB, Ada pembatasan kreatifitas untuk penggunanya, pengaturan layout, fungsi HTML, graphic dan glitter tidak bisa digunakan di FB, namun di FS, kita bisa sesuka hati mengganti background, theme, memperindah layout, mengirim graphic comment dsb.

2. Pembelajaran

Nah.. ini kelebihan utama yang aku suka di friendster, tanpa disadari, sedikit banyaknya kita belajar dan  mengetahui bahasa HTML ataupun CSS jika kita rajin memperindah tampilan FS, atau mengirim comment yang berisi MP3, Video ataupun graphic.  HTML dan CSS  merupakan salah satu bahasa umum dalam pemrograman web.

________________

Itulah mungkin sebagian perbedaan Facebook dan Friendster. Dua2nya memiliki keunggulan masing2.  Kalo aku sendiri sekarang memilih Facebook dikarenakan sebagian besar teman2 di FS menghilang ntah kemana… dari pada putus komunikasi… tidak ada jalan lain selain ikut ngungsi ke Facebook (kebawa arus :P).

2 thoughts on “Penomena Facebook dan Friendster

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s