Menyingkap Misteri Dibalik Tujuh Keajaiban Dunia

Jika saya bertanya kepada beberapa orang teman tentang –apa saja yang termasuk– Tujuh Keajaiban Dunia, maka saya akan mendapatkan jawaban yang berbeda dari masing-masing orang, kecuali hanya sebagian yang tidak tahu. Ternyata semua orang punya pandangan berbeda terhadap Tujuh Keajaiban Dunia ini.

Wikipedia mencatat Antipater Sidon, termasuk sebagai salah salah satu dari ketujuh orang yang kali pertama mencetuskan Tujuh Keajaiban Dunia, terlihat dari daftar struktur dalam sebuah puisi yang dibuatnya (sekitar 140 SM) yang menunjuk pada Tujuh Keajaiban Kuno. Hingga saat ini pernyataan tentang Tujuh Keajaiban Dunia ini masih menjadi kontroversi masyarakat dunia.

Beberapa tahun yang lalu, pernah diumumkan Tujuh Keajaiban Dunia `baru`, antara lain Tembok Besar China dan Coliseum di Roma, yang dipilih hampir 100 juta pemilih dan mengagetkan para pakar kebudayaan, diumumkan Sabtu larut malam, dalam acara yang disiarkan televisi dan dipenuhi para pesohor di ibukota Portugal. Keajaiban dunia baru lainnya adalah Taj Mahal di India, reruntuhan pink Petra yang berusia beberapa abad di Jordania, Patung Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro, reruntuhan Machu Picchu Inka di Peru dan kota kuno bangsa Maya, Chichen Itza, di Meksiko. Namun sayang karena kemudian kontes pemilihan Tujuh Keajaiban Dunia yang dimotori seorang pembuat film Swiss dan kurator museum Bernard Weber itu tidak disetujui badan kebudayaan PBB UNESCO.

Keajaiban dalam Islam

Tulisan ini terinspirasi dari catatan teman saya di facebook, tentang Keajaiba Dunia. Ketika saya menuju pada situs yang dirujuknya, maka sayapun tercengang dengan Tujuh Keajaiban yang kesemuanya bersumber dari Al-Quran dan Hadist sahih. Maka saya berkesimpulan bahwa ini adalah Tujuh Keajaiban Dunia versi Al-Quran yang lebih patut di tetapkan sebagai keajaiban warisan dunia, yang tidak terpaku pada situs-situs dan bangunan kuno seperti Tujuh Keajaiban Dunia yang ditetapkan badan kebudayaan PBB seperti yang kita ketahui sebelumnya.

Diantara tujuh keajaiban itu adalah:

Pohon Kurma yang menangis

“Dulu Nabi -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- berkhuthbah pada batang kurma. Tatkala beliau telah membuat mimbar, maka beliau berpindah ke mimbar itu. Batang korma itu pun merintih. Maka Nabi -Shollallahu ‘alaihi wasallam- mendatanginya sambil mengeluskan tangannya pada batang korma itu (untuk menenangkannya)”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (3390), dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (505)] icara di Akhir Zaman

Semut Memberi Komando

Ini bukanlah cerita fiktif, tapi ini adalah cerita nyata yang bersumber dari Al-Quran. Sedangkan Al-Quran itu adalah Firman Allah swt, maka siapapun yang meragukan kisah ini, berarti dia mempertanyakan eksistensi Al-Quran!

Kisah ini terjadi pada jaman Nabi Sulaiman. Seperti yang telah kita tahu mukjizat nabi Sulaiman adalah dapat berbicara dengan Binatang –pada dasarnya semua binatang itu berbicara, namun kita tidak bisa mengerti bahasanya.

“Dan Sulaiman Telah mewarisi Daud, dan dia berkata: “Hai manusia, kami Telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) Ini benar-benar suatu kurnia yang nyata”.Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.Maka dia (Sulaiman) tersenyum dengan tertawa Karena (mendengar) perkataan semut itu. dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah Aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang Telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah Aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (QS.An-Naml: 16-19).

Keajaiban lainnya adalah Batu yang Berbicara, Kesaksian Kambing Panggang, Pengaduan Seekor Unta, Untaian Salam Batu Aneh dan Hewan yang Berbicara di Akhir Zaman.

Keajaiban Dunia yang Tak Terhitung

Walau begitu, saya berpendapat bahwa keajaiban dunia ini tidak akan bisa ditentukan dan disempitkan demikian rupa menjadi segelintir keajaiban saja. Karena sesungguhnya manusia hidup dikelilingi keajaiban-keajaiban yang tak terhitung jumlahnya. Dari mulai keajaiban sains dan teknologi, kedokteran, keajaiban hubungan sosial (yang terjadi pada zaman Rosulullah) dan sebagainya.

Bila kita mau merenungkan dengan penuh rasa syukur, dan dengan kesadaran bahwa kita adalah seorang hamba yang juga diciptakan dengan penuh “kesempurnaan dan keajaiban”, maka hati dan mata akan terbelalak melihat berbagai kejadian, tempat dan segala sesuatu yang merupakan sebuah keajaiban besar

Seorang saintis Islam dalam penelitiannya menyebutkan bahwa kejadian bertemunya sel sperma laki-laki dengan sel telur perempuan hingga terciptanya zigot dari pertemuan itu dan akhirnya lama-kelamaan menjadi seorang manusia, hal itu adalah “keajaiban” besar yang luput dari pandangan kita.

Sistem kekebalan dalam tubuh yang seperti serdadu perang yang melindungi tubuh kita, system peredaran darah, pernafasan, madu yang keluar dari lebah, keseimbangan atmosfer sebagai atap bumi yang terpelihara, daur air, unta si kapal perang, dan hal-hal lain yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Saya katakana sekali lagi bahwa itu semua adalah keajaiba besar yang selalu luput dari pandangan manusia-manusia yang cenderung tidak menggunakan penglihatan, pendengaran dan hatinya untuk mengingat ayat-ayat Allah.

Pernyataan apapun yang dikeluarkan manusia adalah tidak baku dan bersifat relatif. Benar dan salah pun akan bersifat relatif jika dinilai oleh sebuah sudut pandang manusia. Karena semua orang punya sudut pandang dan pemikiran yang berbeda dalam mengungkap hakekat sesuatu di dunia ini. Namun ke-relatif-an atas suatu kebenaran yang dinyatakan oleh manusia bisa diukur… dengan “al-Quran dan Sunnah-Nya”.

_________________________________

4 thoughts on “Menyingkap Misteri Dibalik Tujuh Keajaiban Dunia

  1. Memang istilah Keajaiban Dunia sangat ambigu, artinya berbeda satu dengan yang lain. Keajaiban Alam banyak sekali… dan itu berbeda dengan Keajaiban Dunia (produk budaya).

    Salam.

  2. wau….memang
    ALLAH SWT maha2 besar ya…..

    mangkanya
    kita harus
    mensukuri nikmat yg tela di berikannya kepda kita??🙂
    :*

  3. I first read about it in a newspaper article a few months ago, and have since come across more references and testimonials.
    While many people would believe that coconut milk and coconut oil are unhealthy because of their high saturated fat content, this oil is actually
    an incredibly healthy food source. As well as losing weight,
    the addition of this oil can also help to lower cholesterol and lower blood pressure.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s